Apakah Infused Water Harus Menggunakan Botol Kaca?

2 min read

Ada begitu banyak pertanyaan terkait dari infused water itu sendiri, salah satunya apakah infused water harus menggunakan botol kaca?

Memang infused water menjadi problematika tersendiri. Walaupun memang menyehatkan, tetapi pembuatan dan penyajiannya harus benar-benar detail dan higienis.

Salah satunya dalam penggunaan wadahnya. Mengapa demikian? Karena agar hasil dari infused water tersebut tidak mengandung bakteri dan tetap nikmat saat dikonsumsi oleh tubuh.

Apakah infused water harus menggunakan botol kaca? Bagaimana jika memilih wadah yang lain, masih tetap dianjurkan atau justru berbahaya?

Apakah Infused Water Harus Menggunakan Botol Kaca?

Infused water menjadi salah satu minuman yang menyehatkan dibuat dari buah-buahan segar dan dipadukan dengan air putih untuk bisa memberikan manfaatnya.

Salah satu manfaat alami paling istimewa pada infused water ialah diyakini dapat dijadikan sebagai detoksifikasi tubuh.

Lalu, untuk pembuatannya dan penyajiannya itu sendiri, apakah infused water harus menggunakan botol kaca? Atau malah bisa dengan wadah yang lain?

1. Direkomendasikan Menggunakan Botol Kaca

Sebenarnya, sah-sah saja membuat infused water menggunakan wadah apapun, selain dari botol kaca.

Akan tetapi, walaupun demikian, tempat atau wadah yang disarankan masih tetap saja botol kaca. Dipilihnya dari botol kaca tentu bukan tanpa alasan.

Berikut ini perbedaan apabila menggunakan botol kaca dan botol plastik:

  • Botol kaca: Aroma buah akan hilang apabila proses pencucian buahnya dilakukan dengan baik dan higienis.
  • Botol plastik: Meninggalkan aroma khas pada wadah plastik, yang mana infused water akan terkena impact-nya yang mana aromanya menjadi kurang sedap.

Ini menjadi alasan tersendiri, di mana selain pada proses pembuatan, proses penyajian juga tak kalah penting harus disarankan menggunakan botol kaca.

Bayangkan apabila masih menggunakan botol plastik. Bukan tidak mungkin, malah badmood saat akan meminumnya.

Perbedaannya bukan hanya dari segi aroma saja.

Alasan yang kedua adalah sifat konduktornya. Di mana saat didinginkan, botol kaca sebagai konduktor bisa memberikan efek dingin yang lebih cepat dibandingkan dengan wadah plastik.

2. Berapa Harga Botol Kaca untuk Dijadikan sebagai Infused Water?

Sudah dijelaskan pada poin pertama di atas, bahwasannya yang direkomendasikan atau disarankan ialah menggunakan botol kaca untuk membuat infused water.

Lantas, banyak dari kalian tentu akan bertanya-tanya mengenai berapa harga botol kaca yang dijual di pasaran tersebut?

Harga yang paling murah sekitar Rp 5.000,- dan yang paling mahal sebesar Rp 40.000,-an.

Ingin menggunakan botol kaca yang manapun tidak menjadi masalah. Akan tetapi, untuk menambah daya tarik lebih aesthetic, tentu pilihlah botol kaca yang memiliki warna bening.

Range harga tersebut juga bisa dikatakan cukup standar, di mana dengan harga demikian, bisa memperoleh botol kaca dengan ukuran:

  • 400 ml
  • 600 ml
  • 700 ml

Jadi, tidak sampai 1 liter, hanya berkisar ukuran di atas saja untuk range harga demikian. Ukuran tersebut juga cocok dan standar untuk dibuat sebagai infused water yang menyehatkan.

Alasan Tidak Menggunakan Botol Plastik untuk Infused Water

Tidak hanya menimbulkan bau atau aroma yang tidak sedap, penggunaan botol plastik dalam membuat infused water juga sangat tidak disarankan karena beberapa alasan.

Tentunya, alasan ini tidak jauh dari yang namanya faktor lingkungan yang kita berpikirnya untuk long-term atau dalam jangka panjang.

Berikut ini beberapa alasan tidak disarankan untuk menggunakan botol plastik terhadap pembuatan infused water.

1. Ramah Lingkungan dengan Minimalisir Botol Plastik

Menurut data statistik persampahan domestik Indonesia, jenis sampah plastik berada di peringkat ke-2 dengan sebesar 5,4 juta ton per tahun.

Angka tersebut menjadi bukti bahwasannya sampah plastik memberikan peranan sebesar 14% dari total produksi sampah yang ada.

Menakutkannya, plastik ini telah menggeser sampah jenis kertas dengan hanya 3,6 juta ton per tahun atau sekitar 9% dari total produksi sampah yang ada.

Plastik sendiri berbahaya karena beberapa alasan:

  • Membutuhkan waktu yang lama untuk diuraikan oleh tanah, hingga 500 tahun lamanya
  • Tanah, air, dan makhluk bawah tanah menjadi tercemar
  • Menurunkan kesuburan tanah karena menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang terbatas

2. Penggunaan Botol Kaca Memberikan Kesan Aesthetic

Tentu saat kita membuat atau membeli infused water, alasan yang tidak dapat dihindari ialah ingin foto infused water tersebut dan dipublikasikan di media sosial.

Alasan yang kedua ini akan sangat masuk akal apabila menggunakan botol kaca yang bening dan bersih, sehingga aesthetic warna-warni buah-buahan bisa terlihat dengan maksimal.

Sebagai orang yang akan meminum atau mengonsumsinya, tentu akan lebih penasaran dan ingin menghabiskan infused water tersebut yang dapat dilihat dari luar botol kaca.

Berbeda apabila dengan botol plastik yang sudah berumur, tentunya akan meninggalkan bekas atau plak berwarna kuning yang dapat mengurangi keindahan dari infused water itu sendiri.

Akhir Kata

Mengenai pertanyaan apakah infused water harus menggunakan botol kaca, akhirnya terjawab sudah dengan tuntas.

Bahwasannya, sangat direkomendasikan membuat infused water menggunakan botol kaca, karena lebih safe, dan tentunya lebih ramah lingkungan dalam long-term aspect.

Di lain sisi, penggunaan botol kaca dalam penyajian infused water juga terasa lebih nikmat dan menyegarkan. Apalagi rasanya yang super dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.