Efek Samping Infused Water

3 min read

Efek samping infused water

Selain memberi manfaat, adapula efek samping infused water yang penting untuk diketahui sebagai knowledge secara lebih lanjut.

Sebenarnya efek samping infused water itu tidak ada. Akan tetapi, jika mengonsumsinya secara berlebih atau tidak ingat waktu, tentu saja menimbulkan risiko yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang kita ketahui, infused water merupakan minuman hasil campuran dari air putih dengan buah-buahan segar yang larut dalam air dan segar untuk dinikmati.

Berikut beberapa efek samping infused water yang penting untuk diketahui dan sebagai upaya antisipasi untuk bisa meminimalisir risikonya.

Efek Samping Infused Water

Efek samping infused water

1. Merasa Lapar dan Lelah

Salah satu efek samping infused water yang paling terlihat ialah saat kamu mengonsumsi, malah kamu menjadi lapar dan lelah akan aktivitas harian.

Hal ini menjadi salah satu keluhan umum yang sedang melakukan diet rendah kalori, sebanding juga dengan konsumsi dari infused water itu sendiri.

Tidak hanya memicu rasa lapar, infused water juga bisa menimbulkan rasa lelah yang sangat berpengaruh terhadap tingkat aktivitas harian kamu.

Setidaknya ada beberapa bahaya yang mungkin terjadi jika kamu mengalami lelah secara berlebihan:

  • Memicu infeksi virus
  • Penyebab dari penyakit jantung
  • Menimbulkan depresi
  • Meningkatkan risiko anemia
  • Timbul rasa dehidrasi

Saat kamu sedang mengonsumsi infused water, alangkah baiknya asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh ditambah, sehingga bisa meminimalisir risiko kelelahan dan kelaparan.

2. Perut Kembung

Perut kembung merupakan salah satu kondisi di mana perut terasa kencang, penuh, dan terlihat membesar.

Biasanya, kondisi perut kembung ini terjadi karena adanya gas yang ada di perut terlalu banyak, sehingga bisa memicu kram atau rasa yang tidak nyaman pada perut.

Infused water ini bisa menyebabkan terjadinya perut kembung. Apalagi, saat konsumsi infused water, tetapi tidak diimbangi dengan makanan yang kaya akan serat.

3. Menimbulkan Sakit Kepala

Efek samping infused water yang umum terjadi ialah bisa mengalami sakit kepala.

Sakit kepala saat sedang konsumsi infused water akan sering terjadi pada sore dan malam hari, karena tubuh telah melakukan aktivitas harian.

Memang, sakit kepala datangnya itu tidak dapat diprediksi. Kadang, sakit kepala datang secara bertahap, bisa jadi juga secara tiba-tiba atau mendadak.

4. Pola Tidur Menjadi Terganggu

Alasan ini sebenarnya masih berkaitan erat dengan alasan pada poin nomor 1, yang diakibatkan oleh kelelahan secara berlebih.

Kelelahan yang terjadi ini bisa mengganggu kualitas tidur. Sehingga, pola tidur yang dilakukan menjadi terganggu.

Setidaknya ada beberapa tanda atau ciri-ciri tidur yang berkualitas, seperti:

  • Fit dan fresh di saat bangun tidur
  • Mempunyai kulit yang sehat
  • Mood atau suasana hati yang baik
  • Berat badan ideal
  • Fokus dalam mengerjakan tugas harian

Apalagi, sebagai seorang remaja maupun dewasa, setidaknya membutuhkan waktu tidur 8 jam dalam sehari. Tidak boleh terlalu kekurangan atau berlebihan saat tidur.

5. Memicu Mual Ringan

Mual ringan ini memang menjadi salah satu efek samping infused water yang paling umum.

Hal ini terjadi karena adanya perubahan pada pola makan, gaya hidup, ditambah pula dengan pengenalan bahan-bahan herbal yang belum pernah masuk ke dalam tubuh, seperti contohnya konsumsi infused water.

Beberapa cara ampuh dalam mengatasi mual ringan sebagai berikut:

  • Konsumsi minuman seperti air jahe, teh, dan lainnya.
  • Makan makanan yang mudah dicerna, seperti pisang, biskuit, hingga bubur.
  • Hindari kopi, minuman bersoda, makanan pedas, hingga makanan yang berbau menyengat.
  • Berbaring dengan catatan posisi kepala lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.
  • Tarik napas secara dalam-dalam.

Baca juga: Manfaat Infused Water

6. Mengakibatkan Gangguan Pencernaan

Efek samping infused water lainnya juga bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan.

Kemungkinan ini akan terjadi jika seseorang tersebut membuat infused water di mana potongan buahnya direndam ke dalam air terlalu lama.

Secara lebih lanjut, maka bisa menimbulkan terjadinya pembusukan dan dekomposisi pada buah, yang tentunya ini juga bisa mencemari air ataupun infused water-nya.

7. Risiko Meningkatkan Asam Lambung

Bahaya infused water yang tak kalah penting ialah asam lambung yang bisa meningkat.

Asam lambung bisa dikenal sebagai gejala ketidaknyamanan atau rasa nyeri yang terjadi pada perut bagian atas.

Beberapa gejala asam lambung yang terjadi:

  • Nyeri
  • Rasa panas atau terbakar
  • Rasa tidak nyaman di perut bagian atas
  • Rasa mudah kenyang
  • Rasa penuh secara berlebih setelah makan
  • Mual atau muntah
  • Kembung

Biasanya, asam lambung terjadi jika kamu mengonsumsi infused water yang memiliki kandungan buah lemon.

Buah lemon ini walaupun memang segar, tetapi keasamannya bisa menyebabkan terjadinya gejala mag yang kambuh dan bermasalah terhadap kesehatan lambung.

8. Diare

Diare menjadi salah satu bahaya infused water yang paling umum terjadi.

Jika diperhatikan, infused water ini dibuat dengan cara menambahkan potongan buah segar dan daun mint ke dalam air, selanjutnya disimpan ke dalam lemari es atau freezer.

Apabila proses pembuatan infused water ini tidak dilakukan dengan bersih, maka bisa mengakibatkan terjadinya kontaminasi kuman yang sangat buruk dan berbahaya bagi kesehatan.

Yang paling menakutkan, buah-buahan yang dibuat ini apabila tidak secara hati-hati dan higienis, bisa menjadi “media” berkembang biaknya kuman yang sangat mengganggu saluran pencernaan, salah satunya memicu terjadinya diare.

Baca juga: Kapan Infused Water Diminum?

Akhir Kata

Walaupun memang memiliki banyak manfaat, tetapi tetap saja ada bahaya infused water yang harus dihindari dan jangan konsumsi terlalu over.

Bahaya infused water ini sangat penting, agar kita tidak asal-asalan dalam membuat, menyimpan, hingga mengonsumsinya. Perlu diperhatikan juga kesehatan tubuh, sebelum mengonsumsi infused water.

Efek samping infused water tetaplah ada. Akan tetapi, bukan menjadi alasan bagi kalian untuk mengurungkan niat tidak jadi mengonsumsinya. Infused water jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan minuman manis yang ada di pasaran.

Apakah Infused Water Harus Menggunakan Botol Kaca?

Ada begitu banyak pertanyaan terkait dari infused water itu sendiri, salah satunya apakah infused water harus menggunakan botol kaca? Memang infused water menjadi problematika...
Habibullah
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.