Apakah Infused Water Bisa Menurunkan Berat Badan?

3 min read

Apakah infused water bisa menurunkan berat badan?

Apakah infused water bisa menurunkan berat badan? Tentu ini menjadi salah satu pertanyaan tersendiri bagi yang ingin memperoleh berat badan ideal.

Berat badan yang optimal dapat diraih melalui berbagai macam pola atau gaya hidup yang sehat, seperti asupan makanan yang bernutrisi, hingga rutin berolahraga sehari-hari.

Infused water sendiri menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin hidup sehat dan katanya bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Apakah benar demikian?

Lantas, apakah infused water bisa menurunkan berat badan dengan optimal? Jika memang benar, bagaimana mekanisme di metabolisme tubuhnya?

Apakah Infused Water Bisa Menurunkan Berat Badan?

Apakah infused water bisa menurunkan berat badan?

Infused water menjadi salah satu pilihan asupan minuman yang menyehatkan selain air putih, susu, dan minuman yang bernutrisi lainnya.

Infused water sendiri bagi sebagian besar orang memang terdengar kurang familiar.

Sementara itu, bagi yang baru pernah pertama kali mencoba infused water pasti juga akan merasa aneh dan asing dengan rasanya, di mana rasanya sedikit asam dan hambar.

Yang menjadi pertanyaan, apakah infused water bisa menurunkan berat badan secara benar-benar ampuh?

1. Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi air bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Hal ini juga berlaku bagi infused water dalam menurunkan berat badan secara optimal.

Air sendiri terbukti meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar jauh lebih banyak.

Bahkan, di dalam suatu penelitian diungkap bahwasannya konsumsi setengah liter air bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh hingga 30% selama sekitar 1 jam.

2. Tidak Mengandung Kadar Gula

Infused water seperti yang kita ketahui hanya terbuat dari 2 bahan saja:

  • Air putih
  • Buah-buahan

Di dalamnya tidak ada kandungan tambahan dari gula. Biasanya, hanya dari gula alami yang dihasilkan dari buah-buahan dan itupun wajar atau normal.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa infused water bisa menurunkan berat badan, karena kamu mengonsumsi asupan minuman yang tidak mengandung gula sama sekali.

Berbeda jika kamu meminum minuman yang tinggi akan gula, seperti minuman perasa, hingga bersoda yang berpotensi meningkatkan berat badan.

3. Minuman yang Baik dan Menyehatkan

Tidak hanya air putih, tetapi infused water juga menjadi salah satu minuman yang menyehatkan dan kaya akan kandungan nutrisi.

Terlebih dari campuran buah-buahan segar alami, seperti apel, jeruk, lemon, timun, dan lainnya yang kaya akan kandungan nutrisi.

Beberapa manfaat infused water yang baik bagi kesehatan tubuh:

  • Membantu program diet
  • Menjaga kulit tetap sehat
  • Nutrisi tubuh tercukupi dengan optimal
  • Tubuh tetap terhidrasi
  • Memperbaiki sistem metabolisme tubuh
  • Awet muda
  • Membantu membuang racun dalam tubuh
  • Melancarkan sistem pencernaan tubuh

Baca juga: Kapan Infused Water Diminum?

Hal Lain yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah-buahan

Tidak hanya konsumsi infused water, melainkan ada beberapa cara lain yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan optimal.

Hal ini kembali lagi pada pola atau gaya hidup sehat yang dilakukan dan perlu untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu menurunkan berat badan secara optimal.

1. Kurangi Asupan Kalori dan Karbohidrat

Kurangi asupan kalori dan karbohidrat pada porsi makanan terbukti efektif dan ampuh dalam mengurangi berat badan, terlebih dalam waktu yang singkat.

Sebaiknya, sebelum mengurangi asupan kalori dan karbohidrat, hitung terlebih dahulu kalori harian tubuh, selanjutnya kurangi asupan kalori harian secara perlahan.

Selain itu, makanan pengganti karbohidrat bisa dengan banyak mengonsumsi bayam, telur, daging tanpa lemak, hingga ikan.

Beberapa cara mempermudah mengurangi asupan kalori dan karbohidrat dengan cara:

  • Hindari konsumsi camilan berlebihan
  • Hindari penggunaan bumbu penyedap
  • Perbanyak konsumsi protein tanpa lemak
  • Perbanyak konsumsi sayuran

2. Hindari Makanan Siap Saji

Makanan siap saji atau biasa disebut juga makanan cepat saji (fast food) adalah makanan yang disajikan dalam jangka waktu yang cepat sekitar 5 hingga 10 menit dan siap untuk dihidangkan.

Makanan siap saji bahaya dikonsumsi karena mengandung sedikit gizi dan serat.

Beberapa makanan siap saji tersebut seperti burger, kentang goreng, donat, pizza, hingga mie instan. Inilah makanan yang perlu dihindari dan dikurangi dalam membantu menurunkan berat badan.

Di lain sisi, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ayam dan ikan.

3. Perbanyak Aktivitas Fisik dan Olahraga

Memperbanyak kegiatan aktivitas fisik maupun olahraga yang bisa membakar kalori juga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan efektif, bahkan dalam waktu 1 minggu saja.

Secara mudahnya, semakin banyak kalori yang terbakar, maka berat badan juga makin cepat berkurang secara signifikan.

Segera untuk mulai memperbanyak aktivitas fisik dan olahraga, seperti angkat beban, dalam membantu meningkatkan massa otot dan metabolisme tubuh. Di lain sisi, juga bisa mengurangi endapan karbohidrat.

Lantas, bagaimana dengan orang yang sibuk? Bisa dengan memperbanyak aktivitas fisik di pekerjaan, apalagi yang memiliki mobilitas tinggi, dengan banyak jalan kaki.

4. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Di dalam suatu penelitian diungkap bahwasannya orang yang kurang tidur atau kerap kali begadang cenderung lebih banyak ngemil di malam hari. Hal ini secara tidak langsung berpengaruh dalam peningkatan berat badan.

Perlu kamu ketahui, bagi orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 8 hingga 9 jam dalam sehari.

Di lain sisi, waktu tidur yang cukup ini juga secara tidak langsung bisa meningkatkan mood (mood booster) secara alami dan bisa prepare hari-harinya secara lebih optimal.

Baca juga: Artikel Selanjutnya

Akhir Kata

Terkait infused water untuk menurunkan berat badan ternyata memang benar-benar bisa dan terbukti ampuh, terlebih didukung fakta dari hasil studi atau penelitian.

Cara menurunkan berat badan dengan infused water menjadi salah satu strategi yang optimal selain melakukan aktivitas yang sehat sehari-harinya.

Pertanyaan apakah infused water bisa menurunkan berat badan ini menjadi salah satu bukti weight loss yang sebenarnya. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, bisa didukung dengan olahraga dan tidur yang cukup.

Apakah Infused Water Harus Menggunakan Botol Kaca?

Ada begitu banyak pertanyaan terkait dari infused water itu sendiri, salah satunya apakah infused water harus menggunakan botol kaca? Memang infused water menjadi problematika...
Habibullah
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.